5/30/2012

kewirausahaan


14. berfikir dan bertindak focus
            Penjelasan: seseorang yang berjiwa wira usaha akan selalu berfikir dan bertindak focus dalam menjalankan suatu usahanya. Berfikir strategic diperlukan sebagai suatu sifat yang potensial sebelum sesuatu dilakukan, ini berarti dalam menjalankan suatu usaha, berfikir kedepan untuk suatu perencanaan yang matang dalam menjalankan usaha ataupun dalam membangun suatu usaha akan menghasilkan suatu usaha yang kokoh dan kuat. Apabila suatu pengusaha memiliki pemikiran yang mengalami perubahan perilaku dari gaya terikat menjadi gaya interdependen, knowing how dengan knowing about seimbang, takut risiko menjadi berani mengambil risiko tinggi serta bertoleransi tinggi kepada pertentangan atau konflik, maka itulah salah satu kunci kesuksesan dalam membangun suatu usaha.
            Setelah berfikir secara matang telah dilakukan, langkah selanjutnya dalam membangun suatu usaha adalah bertindak focus terhadap apa yang telah direncanakan sehingga dapat diupayakan dalam kehidupan nyata. Bertindak focus merupakan suatu keharusan agar kesuksesan tercapai. Apabila suatu pengusaha atau entrepreneur tidak focus terhadap apa yang dikerjakannya, akan berdampak pada hasil yang dicapainya. Dalam melakukan suatu usaha, tidak jarang ditemukan hambatan-hambatan untuk mencapai kesuksesan untuk itulah bertindak focus diperlukan dalam membentuk watak jiwa pengusaha. Apabila mengahadapi suatu kegagalan, hendaknya seorang  pengusaha kembali bangkit dari keterpurukan sehingga berfikir kembali bagaimana cara untuk keluar dari kegagalan tersebut serta membuat suatu strategi untuk tidak jatuh pada kegagalan yang sama.

kunci sukses itu adalah cepat berfikir, sigap bertindak dan fokus ke tujuan. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing kunci sukses yaitu: 

·                     pertama, cepat berfikir,,
kita harus cepat dalam memikirkan suatu hal yang akan kita kerjakan, hendaknya jangan bingung dalam menafsirkan keadaan, bingung mau mengerjakan apa, atau kita malah tidak tahu harus bagaimana.
semua yang akan kita lakukan, harus kita fikirkan matang matang, dan juga kita harus memikirkan resiko-resiko yang akan muncul apabila kita melakukan suatu tindakan. dan ingat harus positif thinking.

·                     kedua, sigap bertindak
setelah kita ketahui apa yang harus kita lakukan, kita harus cepat dalam mengambil tindakan, tidak perlu menunggu nanti, esok hari atau sebagainya, harus langsung kita kerjakan. kalau tidak, dijamin tidak akan  selesai apa yang akan kita kerjakan.
tindakan yang sigap, akan membuahkan hasil yang memuaskan.


·                     ketiga, fokus ke tujuan
dalam mencapai sesuatu, kita harus fokus, agar yang kita peroleh nanti nya sesuai dengan harapan kita. Dalam  mengerjakan sesuatu, kita harus tertuju pada satu arah. misalnya,,, kita ingin membuat paku di dinding untuk menyangkutkan foto. otomatis kita harus memaku dulu. dalam hal ini, kita harus fokus dalam kerjaan memaku itu, kita harus benar benar memperhatikan apa yang kita pukul, jangan sampai tangan kita yang terpukul degan palu, bisa-bisa kita kesakitan dan paku yang kita inginkan pun tak jadi tertancap di dinding.
jadinya kita harus fokus dalam mengerjakan sesuatu, tertuju pada satu titik, sehingga kita dapat menuai hasil sesuai harapan kita,,,,
langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam berfikir dan bertindak fokus adalah sebagai berikut:
Pertama-tama kita harus membuat perencanaan agar  hal yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan lancar. Dengan cara ini maka kita dapat mengatur dan menghitung persentase kesuksesan dan kegagalan kita sendiri.
Kedua kali, pilihlah metode  yang efektif dan efisien dalam melakukan suatu pekerjaan. Metode-metode ini bisa baca buku atau ikut training. Membaca buku jauh lebih baik karena membentuk sikap yang mau belajar dan berjuang. Di samping itu, membaca buku jauh lebih kaya dan comprehensif(menyeluruh) dibanding training. Membaca buku juga tidak tergantung waktu, setiap saat selama memungkinkan kita bisa membaca buku.
Mengikuti training baik dilakukan selama kita sudah memiliki pengetahuan mendasar mengenai training. Jika kita tidak mempunyai pengetahuan mendasar, maka training akan memboroskan uang. Biaya training bisa 30x dibanding harga buku.
Ketiga, rajinlah dan berinovasilah melihat perkembangan yang terjadi terkait dengan industri perusahaan anda. Rajin-tajinlah menengok apa yang pesaing anda telah lakukan supaya perusahaan kita bisa memenangkan kompetisi. Belajarlah terutama dengan job description yang diberikan anda, pelajari juga hal-hal terkait berkomunikasi dengan orang lain dan melihat keseluruhan project. Janganlah membatasi diri dengan bidang pekerjaan anda sendiri, perkayalah diri anda dengan mencoba memahami hal yang dilakukan orang lain. Memang kita tidak akan mempelajari secara detail tugas orang lain, tetapi mengerti prinsip-prinsip yang orang lain kerjakan sangat membuat kita maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar